Tuesday, March 29, 2011

KBB#22 Made In Indonesia With Spun Sugar

Kue Pukis Pandan With Spun Sugar

( KBB#22 Made Indonesia With Spun Sugar )

Surtjin telah tiba Surtjin telah tiba ( sambil nyanyi lagu Libur Telah Tiba.mode on hihihi )
Akhirnya Sabtu 26 Feb 2011 Surtjin  dari KLUB BERANI BAKING ( KBB ) tiba juga wuihhh…
Antara SENANG karena akhirnya yang ditunggu-tunggu datang biar bisa jadi anggota KBB tapi DEG DEG SEERR soalnya apa yach tantangannya kali ini??

Ternyata untuk jadi Calon anggota tantangan KBB#22 MADE INDONESIA WITH SPUN SUGAR yaitu Memadukan Resep Kue Indonesia dengan Kreasi Karamel humpffffffff…
Jadi harus buat Kue/Puding yang di baked resep dari ahli kuliner Indonesia dengan Spun Sugar.
Wuahhhhh Nano nano.com, email dari KBB dibaca berulang-ulang. Mikirin mau bikin Kue or Puding ? searching,googling, reading ect kue/pudding Indonesia apa aja sich? pake resep siapa?  Spun sugar tuch “makhluk” apa? Cara bikinnya kaya gimana? Di garnichnya seperti apa? Dll
Huhuhuhuhuhuhu Riweeehhhhh euy ^_^

Challengenya untuk bikin KBB#22 cukup berat mulai dari tantangan KBB#22nya sendiri sempet sakit dan ada kegiatan kantor saat weekend ( soalnya kalau chi baking bisanya hari sabtu/minggu). Pas check email Host KBB#22 ud kasih warning H-7,haaaaa bntar lagi tapi belum buat sama sekali mana klo baca udah banyak temen-temen yang pada berhasil buat Spun Sugar..

Setelah meditasi nyari inspirasi dan mantengin You Tube buat nambah ilmu bikin Spun Sugar akhirnya untuk KBB#22 MADE INDONESIA WITH SPUN SUGAR  chi buat :
“ Kue Pukis Pandan With Spun Sugar “

Awalnya mau bikin pudding tapi ternyata setelah di confirm ke Host harus pudding yang di baked tapi gak nemu resep yang sreg dihati : ) wuahhh pengen nangis soalnya gak tau mo bikin apa lagi ( made Indonesia off course ) gak ada ide…
Tiba-tiba keingat, beberapa hari yang lalu pengen banget maem Kue Pukis yang ada dijual dijalan raya klo berangkat ke kantor tapi gak selalu berhasil beli. Kebetulan lagi ngidem Kue Pukis ech Gayung bersambut, kenapa gak bikin kue pukis aja yach. Sekali menyelam dua tiga pulau terlampui bukan hehehehehe.

Akhirnya setelah googling buat nyari resep kue pukis, jatuh hati dengan resep kue pukisnya Bunda Rieke dari http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com berikut Klik disini untuk melihat Resep Asli Kue Pukis Pandan. Tapi Biar memudahkan chi tulis ulang lagi

Kue Pukis Pandan
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
250 gram terigu protein tinggi (
Pakai Cakra Kembar )
150 gram gula pasir
3 butir telur
1 sdt emulsifier (SP/TBM/Ovalette) ~ Optional
1/2 sdt essence vanilla
( Pakai L’arome Vanila Susu )
1/4 sdt garam
1 sdt ragi instant/yeast (
Pakai Fermipan)
350 santan sedang kentalnya (aku pake Kara ukuran 200 ml ditambah air hingga volumenya 350 ml)
1 1/2 sdt pasta pandan
65 gram margarin, lelehkan, dinginkan
50 ml susu kental manis putih


Ini  Bahan-Bahan Yang saya Pakai :










Cara membuat:
1. Ayak terigu. Sisihkan.
2. Campur santan dengan pasta pandan. Sisihkan
.








3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam hingga MENGEMBANG, KENTAL dan KAKU berwarna PUTIH dengan mixer kecepatan tinggi. Masukkan essence vanilla. Kocok rata.
4. Turunkan kecepatan mixer hingga kecepatan paling rendah (speed 1), masukkan 1/3 bagian terigu dan kocok rata sebentar. Masukkan 1/2 bagian santan. Kocok rata lagi. Begitu berselang seling terigu dan santan dan akhiri dengan terigu. Matikan mixer.
5. Masukkan ragi instant. Aduk rata dengan spatula.
6. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan spatula.
7. Terakhir masukkan susu kental manis. Aduk rata dengan spatula.
8. Diamkan selama 20-30 menit.
 
9. Panaskan cetakan kue pukis yang telah dioles minyak/margarin dengan api sedang. Setelah panas, kecilkan api (pakai api keciiil aja).
10. Tuang adonan setinggi 3/4 tinggi cetakan. Tutup sebentar biarkan setengah matang, taburi topping selagi permukaan masih agak cair tengahnya. Tutup kembali dan masak sampai matang dan permukaan kering.
11. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Panas-panas oles/semir permukaan kedua sisi kulit pukis dengan margarin. Tujuannya agar kulit pukis tidak kering dan mengeras setelah dingin. Sajikan.

Wuihhh, seneng bgt soalnya baru pertama kali bikin pukis sukses 90% dech : ). Kalau untuk rasa MAKYUS wangi pandan dan vanilanya ehmmmm… tapi rada belum puas sama tampilannya soalnya pori2 pukisnya masih terlihat besar-besar dan kulitnya belum merata coklat merata.
Berikutnya, SPUN SUGAR weleh-weleh baru denger nich istilah ini.
Kalau berdasarkan arti kata “ SPUN SUGAR “ adalah a candy made by spinning sugar that has been boiled to high temperature ( noun )

Ini dia Resep Spun Sugar 
( Resep Spun Sugar (Angel’s Hair)Sumber: Dessert Techniques by Le Cordon Bleu Cooking Schools )
Sugar Syrup

Silakan pilih:
Medium use 1 ¼ cups sugar to 1 cup water.
( saya pakai ½ cup sugar dan ¼ cup water )
Heavy use 1 ¼ cups sugar to ⅞ cup water.

Step :
1. Heat the sugar syrup to 311 F then plunge into a pan of cold water to halt the cooking process.
2. Cover your work surface with parchment paper. Holding a rolling pin in one hand over the paper, dip the whisk into the sugar syrup and flick it back and forth over the rolling pin so that railing threads are formed.
3. Gently gather up the strands and fold them back over the rolling pin. Loosen and lift them or slide them off the pin gently.
4. Break the sugar in half and gently shape each half as desired in your hands.

Alat: Pakailah whisk yang sudah tidak dipakai tetapi masih bagus (tidak karatan), lalu pakai wire cutter, potonglah jari-jari whisk di ujung (yang melengkung), sehingga whisk anda akan ‘gundul’. Gunakan whisk ini untuk membuat spun sugar.

Akhirnya memberanikan diri untuk bikin spun sugar, tapi apa daya sd percobaan ke empat TIDAK BERHASIL euy…. Dari pake bahan2 sesuai resep sd ukuran sendiri hahahahaha. Berhub tidak punya measuring cup rada riweh juga soalnya mesti di konversi ke gram.
Hasil percobaannya warnanya tidak berubah kecoklatan dan tidak tampak rambut-rambut/benang2nya.. wuahhhhh semangatnya dah kendor soalnya udah hampir ngabisin sekilo gula nich..
Buat Spun sugarnya di pending dulu coz harus jengguk sahabat yang sakit. Pulangnya, mulai coba buat lagi tapi kali ini pakai measuring cup yang baru aja dibeli di Ace Harware heheheh tapi ukuranya saya modifikasi soalnya takut gagal lagi kalau cara buatnya sama saja sesuai dengan resep. Tapi memang harus sabar coz memasaknya harus dengan api kecil dan juga cara membuat spun sugarnya sedikit butuh perjuangan dan PD hehehehe

Ini dia step by stepnya…
  
Setelah gula dan air dimasukkan dimasak dengan api keciilll ( saya gak pakei thermometer cukup dengan filling euy ). Gula dan air jangan di aduk dibiarkan saya dengan sendirinya akan mengental dan tunggu sampai warnanya rada kecoklatan. Aduk adonan caramel dengan menggunakan garpu  untuk melihat apakah adonan tsb sudah bisa dibentuk ( klo saya di coba sambil diangkat dan kemudian di ayun2kan ke kanan-kekiri untuk melihat apakah benang2 tipis sudah terlihat. Jika YA, segera matikan api dan angkat lalu segera dibentuk dengan menggunakan mangkok aluminium yang dibalik dengan menggunakan garpu segera ayun-ayunkan kedua garpu di atas mangkok tsb ke kanan-kiri dan melingkar dia atas mengkok berkali-kali sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Setelah itu segera bentuk dengan hati2 ( soalnya gampang membentuk atau pecah jika kelamaan ) dan sajikan dengan KUE PUKIS PANDA ehmmmm TOP Dech…..

Berhubung, pada saat membuatan spun sugar gak ada yang bantuin dan sedikit repot sesi Jepret menjepret pada saat buat spun sugar jadi foto adonan dan cara buat spun sugar pakai garpu tidak sempat difoto ( tangannya keburu lengket dengan adonan caramel hehehehe )

BRAVOO Klub Berani Baking !!!!



No comments:

Post a Comment